Upt LLAJ Dishub Jatim Gelar Operasi Gabungan Kestib Tipe B

oleh

BANYUWANGI, Cakrawalabali | Kegiatan Operasi gabungan Sadar Keselamatan yang terdiri dari unsur Upt LLAJ Dinas perhubungan provinsi Jatim, Satlantas Polres Banyuwangi, Subdenpom V/3-3 Banyuwangi, serta Dinas perhubungan kabupaten Banyuwangi pagi tadi pukul 9.00 – 11.30 kamis 8/3/2018 di area terminal Brawijaya melakukan pemeriksaan surat surat kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Menurut Kepala UPT LLAJ Banyuwangi Ir. Bambang Sukarno, A.Md., MMT kegiatan Keselamatan dan Ketertiban (Kestib) ini akan di adakan 3 kali dalam sebulan.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk tahun anggaran 2018 sebanyak 3 kali sebulan selama 12 bulan. Dalam setiap bulan 3 kali kegitan satu kali kami akan lakukan tipe A atau sidang di tempat dan selebihnya adalah tipe B,” terang Bambang.

Ia juga mengatakan jika nanti pihaknya akan mengadakan operasi semacam ini di Situbondo.

“Karena wilayah kami di Banyuwangi dan Situbondo jadi nanti kegiatan ini akan di lakukan di Situbondo,” tuturnya.

Ia mengakan dalam hal ini pihaknya melakukan pemeriksaan kendaraan wajib uji sedangkan untuk roda dua periksaan dikembangkan oleh Satlantas polres Banyuwangi.

“Kebetulan pada minggu ini kepolisan juga melakukan operasi semeru jadi kegitan ini kami bersinergi,” ungkapnya.

Kegitan operasi gabungan tersebut disamping periksaan kelayakan kendaraan, pihak LLAJ juga melakukan pemeriksaan perijinan angkutan untuk angkutan umum serta perijinan untuk kendaraan angkutan pariwisata.

“Pelanggaran yang sering terjadi adalah mati uji atau jatuh tempo. Kemudian lanjut Bambang, masalah perijinan kendaraan angkutan umum termasuk ijin travel yang sudah jatuh tempo,” kata Bambang.

Ia menjelaskan operasi semacam ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan kendaraan layak jalan sehingga dapat menghindari kecelakaan serta untuk menekan berkurangnya pelanggaran terhadap perijinan yang sudah jatuh tempo.

Sementara itu Kasi Dal Ops UPT LLAJ Banyuwangi I Made P Suparta, SH mengatakan operasi yang di gelar hingga pukul 11.30 terjaring sebanyak 58 kendaran bermotor yang melakukan pelanggaran.

“Operasi Kestib tipe B hari ini sebanyak 58 damp dengan hasil tilang,” pungkasnya. (I.Mariady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *