Bupati Anas : Festival Terbanyak dan Terbaik bertempat di Banyuwangi

oleh

BANYUWANGI, Cakrawalabali | Sebanyak seribu peserta mengikuti Banyuwangi festival Imlek serta Hut Kon Co ke 234 di Klenteng Karengrejo Banyuwangi hari sabtu 17/3/2018.

Acara tersebut di hadiri oleh Forkopimda Kabupaten Banyuwangi serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Dalam pidato singkatnya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan jika Banyuwangi adalah salah satu Kabupaten terbanyak dan terbaik dalam penyelenggaraan festival di Indoensia.

“Setelah bapak Jokowi menjadi presiden, dua tahun berturut-turut festival terbanyak dan terbaik di Indonesia bertempat di Banyuwangi,” Kata Anas di Klenteng Kon Co Sabtu 17/3/2018.

Ia melanjutkan acara festival Bala Ganjur sebelumnya yang di adakan oleh umat hindu Banyuwangi di Purwoharjo adalah merupakan tradisi umat hindu yang pelaksanaan cukup ramai.

“Hari ini kita masukan festival Imlek yang merupakan tradisi dari teman teman Klenteng Kon Co. Oleh karena itu lanjutnya, festival bagi Banyuwangi bukan hanya cara untuk menarik turis dan wisatawan, tetapi festival ini cara untuk melakukan upaya mengkonsolidasi masyarakat dan kekayaan kebudayaannya sekaligus festival ini bagi Banyuwangi adalah fasilitas ide dan gagasan, festival toleransi dan sejenisnya,” ungkap Anas.

Menurut nya festival tersebut bukan semata mata hanya festival tetapi untuk mendorong perbedaan dan toleransi bisa tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Umum Panitia Beny Purnomo mengatakan ulang tahun Kon Co yang ke 234 masuk dalam festival.

“Dalam setiap tahun kami selalu mengadakan acara ulan tahun Kon Co, namun kegiatan rutin selain upacara sembahyang besar dan diadakan pula giatan malam hiburan di rangkai dengan bagi sembaqo untuk saudara dan umat yang kurang mampu,” terang Beny.

Ia menuturkan setiap ulang tahun pihaknya banyak melakukan kegitan sosial serta donor darah.

“Tahun ini kami menambahkan kirab ritual tolak bala, artinya dalam kirab ritual itu mengambarkan dewa yang di puja berkeliling untuk melakukan tolak bala dan mengharapkan berkah bagi warga tionghoa khususnya serta warga banyuwangi,” pungkasnya.

Ia mengatakan jika acara tersebut telah masuk dalam banyuwangi festival dan menurut Beny undangan peserta di perkirakan 1000 peserta selain Forkopimda Banyuwangi.
Pada acara tersebut selain di meriahkan oleh atraksi Barongsai juga di meriahkan oleh drumband Pemkab Banyuwangi.(I.Mariady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *