Bersama Rakyat Mewujudkan NKRI Berdaulat Dan Sejahtera

oleh

DENPASAR, Cakrawalabali | Demikian tema pelaksanaan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) antara Korem 163/Wira Satya dengan komponen masyarakat yang terdiri atas tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda.

Kegiatan Komsos tersebut dilaksanakan pada Rabu pagi (25/04) bertempat di Aula Makorem 163/Wira Satya.

Pembukaan kegiatan Komsos ini dilakukan oleh Kasi Intel Korem 163/Wira Satya Letkol Chb Dayat Dwi Aryanto mewakili sekaligus membacakan sambutan Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh I Gede Widiyana, S.H.

Dalam sambutannya Danrem 163/Wira Satya mengatakan, kegiatan Komsos tersebut pada hakekatnya merupakan momentum untuk memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan guna mewujudkan saling pengertian dan kebersamaan dengan segenap komponen masyarakat.

“Kita berharap dapat tercipta kesamaan cara pandang terutama dalam mengelola semua potensi yang dimiliki Bangsa Indonesia menjadi Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh demi pembangunan dan tetap tegaknya NKRI,” sebut Danrem.

Dinamika perjuangan Bangsa Indonesia menjaga dan menegakkan kedaulatan negara tentu sangat menjiwai nilai-nilai perjuangan bangsa ini dimana TNI senantiasa bersinergi dengan seluruh komponen masyarakat yang memiliki komitmen kuat terhadap kokohnya NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Menurut Danrem, kekuatan karakter bangsa yang kita miliki saat ini menjadi salah satu harapan untuk menghadapi berbagai tantangan dan ancaman terhadap nilai-nilai kebangsaan yang semakin kompleks dan sulit diprediksi.

Degradasi nilai-nilai kebangsaan akan membuka peluang munculnya berbagai potensi ancaman terhadap kedaulatan NKRI.

Untuk itu, Danrem berharap kepada seluruh komponen masyarakat untuk memantapkan kehidupan berbangsa dan bernegara pada jati diri bangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Pada kesempatan kegiatan Komsos tersebut para peserta mendapatkan pembekalan tentang bela negara yang disampaikan oleh Kepala Bidang Ideologi Kesbangpol Provinsi Bali Anak Agung Ngurah Suwela, M.Si., yang memberikan gambaran tentang bela negara dikaitkan tentang ideologi negara Pancasila dan UUD 1945 khususnya Pasal 30 UUD 1945.

Menurutnya, implementasi bela negara bagi semua komponen masyarakat dapat dilakukan dengan melaksanakan apa yang menjadi kewajiban kita sebagai warga negara yang semuanya bermuara pada tetap kokoh dan tegaknya NKRI. Bela negara dapat diwujudkan dengan rasa cinta kepada negara serta memiliki jiwa nasionalisme.

Pembekalan lainnya yaitu, materi Narkoba dan seks bebas yang disampaikan oleh Kepala Rumah Sakit Tingkat IV Singaraja dr. Rini Indah, S.PKJ.

Dokter Rini menjelaskan, tentang bagaimana rentannya Narkoba yang bila disalahgunakan akan dapat merusak kehidupan baik secara personal bagi pengguna juga bagi keluarga dan lingkungan.

Untuk itu, dia berpesan agar kita semua dapat bergaul secara sehat, bijak dan hati-hati jangan sampai mudah terpengaruh pada lingkungan yang dapat menjerumuskan kehidupan dan masa depan kita.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *