Danrem 163/Wira Satya Kembali Tegaskan Netralitas TNI

oleh

DENPASAR, Cakrawalabali | Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., dihadapan Para Dandim Jajaran, Para Kasi Korem 163/Wira Satya dan Perwira Staf lainnya, kembali menegaskan tentang Netralitas TNI sebagai hal yang mutlak bagi seluruh Prajurit TNI dan kebijakan dari Komando Atas tersebut harus dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, Senin (25/06).

“Bahwa sesuai kebijakan Komando Atas, TNI sangat komitmen dengan Netralitas TNI. Netral tersebut tidak memihak kepada salah satu kontestan atau pasangan calon,” ujar Danrem.

Menurut Danrem, kita harus mampu menjaga jarak yang sama dan Prajurit TNI tidak berpolitik praktis. Tugas kita adalah ikut menjaga pesta demokrasi tersebut berlangsung, tertib, aman dan lancar serta sesuai aturan ketentuan yang ada.

Sesuai Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dalam tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), tugas TNI adalah melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri termasuk dalam pelaksanaan Pilkada Serentak tersebut.

Tugas perbantuan yang dilaksanakan didasari atas permintaan atau menimbang situasi yang harus dihadapi.

Danrem juga memerintahkan, seluruh jajaran untuk meningkatkan kesiapan termasuk memerintahkan para Dandim memonitor situasi wilayah, bekerjasama dengan Para Kapolres serta harus dapat memastikan segala logistik Pilkada terdistribusi secara aman dan lancar sampai ke desa-desa.

Pada kesempatan tersebut Danrem juga mengingatkan, “seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Korem 163/Wira Satya dan keluarga yang memilki hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya sesuai dengan hati nurani masing-masing, tanpa tekanan atau pengaruh dari pihak manapun,” ungkap Danrem.

Berdasarkan laporan dan pengamatan Danrem, kondisi keamanan wilayah Provinsi Bali jelang pelaksanaan Pilkada yang puncaknya pada tanggal 27 Juni 2018, secara umum sangat kondusif. Tahapan Pilkada semua berlangsung aman dan tertib, hal ini menurutnya menunjukkan tingkat kedewasaan masyarakat Bali dalam berdemokrasi semakin baik.

Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., mengharap agar semua warga masyarakat yang memiliki hak pilih dalam pelaksanaan Pilkada ini dapat menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya. “Nantinya siapapun memenangkan Pilkada tersebut adalah merupakan pilihan terbaik dari rakyat yang kelak mendapatkan kepercayaan memimpin daerah dan dengan harapan juga mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat Bali,” pungkas Danrem.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *