Kodim Jembrana Sosialisasikan Wawasan Kebangsaan

oleh

JEMBRANA, Cakrawalabali | Sosialisasi kesadaran berbangsa dan bernegara kepada masyarakat mewarnai pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Kodim 1617/Jembrana, bertempat di Balai Banjar Dangin Marga, Desa Delod Berawah, Kecamatan Mendoyo, pada Kamis malam (12/07).

“Kegiatan ini antara lain bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk lebih memahami tentang wawasan kebangsaan dan bernegara serta mengetahui tentang Empat Konsensus Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,” tegas Wadan Satgas TMMD Mayor Inf Ngakan Made Marjana.

Dalam penyuluhan dan sosialisasi itu menghadirkan pembawa materi diantaranya Kakan Kesbangpol Kabupaten Jembrana I Gusti Putu Ngurah Darma Putra S.Sos. M.Si., Danramil 1617-01/Negara Kapten Inf. I Wayan Yudana, Pasi Intel Kodim 1617/Jembrana Kapten Inf. I Nyoman Gede Andika, S.H. serta Mahasiswa KKN Undiksa.

Materi yang disampaikan diantaranya mengenai Empat Konsensus Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian juga disampaikan tentang Program Nawacita Pemerintah dan Wawasan Kebangsaan terkait Gerakan Revolusi Mental yang meliputi tiga hal yaitu integritas, etos kerja serta gotong royong.

Masyarakat Desa Delod Brawah begitu antusias dalam mengikuti sosialisasi kesadaran berbangsa dan bernegara tersebut sehingga suasananya penuh keakraban dalam menyimak materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber.

Perbekel (Kepala Desa) Delod Brawah I Made Retana mengatakan, selama ini masyarakat sudah sangat jarang mendapatkan wawasan kesadaran berbangsa dan bernegara yang sungguh sangat penting untuk dimengerti dan dipahami.

Menurutnya pemahaman yang kurang baik terhadap wawasan kebangsaan nantinya dapat berpengaruh dan menurunkan semangat patriotisme serta kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Dia berharap dengan kegiatan seperti ini sebagai bagian pelaksanaan sasaran non fisik TMMD Ke 102 warganya akan semakin sadar akan wawasan berbangsa dan bernegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *