Demplot Kodim Klungkung Gelar Panen Bersama

oleh

KLUNGKUNG, Cakrawalabali | Dalam rangka penyelenggaraan Ketahanan Pangan Tahun 2018, Kodim 1610/Klungkung gelar kegiatan panen bersama di Subak Jero Kuta Wilayah Desa Adat Sangkan Buana, Kelurahan Semarapura Kauh, Klungkung, Selasa (21/18).

Dengan Tema, Melalui Pembinaan Ketahanan Pangan Prajurit TNI AD Siap Mendukung Pemerintah Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Sebagai Pilar Perekonomian Bangsa Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Yang ada Di Wilayah.

Dalam kesempatan tersebut Dandim Letkol Kav Jacob Janes Patty mengatakan, bahwa panen ini menunjukkan langkah ketahanan pangan yang dilaksanakan TNI, TNI sebagai pembina telah berhasil menunjukkan bahwa produksi pangan dapat optimal dengan kerja yang maksimal.

“Luas lahan 1 Hektare ini menjadi lahan uji coba, percontohan bibit padi berkualitas dan nantinya bisa dijadikan acuan bagi petani setempat dalam menanam tanaman padi,” harap Dandim.

Alasan dipilihnya bibit tanaman padi jenis Inpari 30 karena dinilai memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan bibit tanaman padi lain. Untuk bibit Inpari 30 terbukti memiliki batang yang tegak dan warna gabah kuning bersih. Keunggulan lainnya, beras dari bibit inpari 30 tersebut lebih pulen dibandingkan bibit lainnya.

“TNI memberikan dukungan tenaga, penanaman bibit, pemeliharaan hingga panen. Hasil panen yang maksimal ini, diharapkan menjadi titik tolak ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Klungkung,” tutur Dandim.

Letkol Kav Jacob Janes Patty menambahkan, Penanaman Demplot padi sawah wilayah Kodim 1610/Klungkung membuktikan bahwa ketahanan pangan di Indonesia dapat terwujud. Disamping itu untuk peningkatan ketahanan pangan dan wujudkan swasembada pangan nasional, telah disanggupi TNI untuk diberdayakan ke masyarakat Indonesia.

“Tugas tambahan yang diemban Prajurit TNI, bukan mengambil pekerjaan pemerintah, melainkan membantu pemerintah dan masyarakat petani, agar mampu mengaplikasikan swasembada pangan, seperti diamanahkan Presiden Ir. Joko Widodo,” ungkap Dandim.

Tampak hadir dalam kegiatan, Dandim 1610/Klungkung, Danramil 1610-01/Klungkung dan anggota, Pasiter Kodim 1610/Klungkung (Kapten Inf I Nyoman Tunggu, Kelian Subak Jero Kuta I Nengah Sukana, Ketua UPT Kecamatan Klungkung I Wayan Terima Semarapura, Anggota PPL se-Kecamatan Klungkung Ir. I Ketut Januarsa dan anggota Subak Jero Kuta sebanyak 30 orang.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *