Keamanan dan Ketertiban, Babinsa Berikan Pelatihan Anggota Linmas

oleh

KLUNGKUNG, Cakrawalabali | Bintara Pembina Desa Aan Koramil 1610-02/Bajarangkan Pelda I Gede Sukarsana bersama Bhabinkamtibmas Aiptu I Ketut Sueda memberikan bimbingan teknis atau Bimtek tentang keamanan dan ketertiban sekaligus pelatihan serta pembinaan kepada Anggota Perlindungan Masyarakat atau Linmas Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, Minggu pagi (16/12).

Bimtek keamanan dan ketertiban bagi Linmas tersebut bertujuan untuk memberikan teori dan praktek dasar baris berbaris serta wawasan kebangsaan bagi para anggota Linmas sebagai mitra strategis Babinsa maupun Bhabinkamtibmas di desa untuk membantu pengamanan di wilayah binaan.

Kegiatan kepada Linmas tersebut dibuka oleh Sekretaris Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, I Nengah Duarjana. Menurutnya dalam Bimtek tersebut kepada anggota Linmas diberikan materi tentang perlindungan masyarakat sesuai Permendagri Nomor 20 Tahun 2016 tentang pengertian Linmas, tugas Linmas, hak dan kewajiban, persyaratan menjadi seorang Linmas.

Sementara Babinsa memberikan pengetahuan tentang pertahanan dan wawasan kebangsaan terutama terkait peran komponen masyarakat untuk turut serta dalam pembelaan negara.

Baik Babinsa maupun Bhabinkamtibmas juga memberikan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta menjelaskan bahwa latihan ini kita lakukan untuk membentuk fisik dan mental kita agar sehat dan terlatih serta membentuk disiplin, jiwa korsa, kebersamaan dan saling menghargai.

“Pelatihan seperti ini dapat menunjang tugas Limas di masyarakat serta tentunya bisa melaksanakan tugas dengan baik,” ungkap Pelda Gede Sukarsana.

Harapanya, selesai melaksanakan kegiatan pelatihan dan pembinaan anggota Linmas Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan dapat memahami dan mengerti tentang tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota Linmas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *