Tarian Khas Batak Meriahkan di Pesta Kesenian Bali

oleh

DENPASAR, Cakrawalabali | Setelah sehari sebelumnya hadir pentas seni dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), kini kgiliran hadir kesenian khas tanah Batak. Kesenian Batak ini dipersembahkan oleh Ikatan Keluarga Batak Bali (IKBB), Kamis (27/6/19).

Petrus Nainggolan Ketua Adat Seni dan Budaya IKBB yang juga sebagai penulis sekenario untuk penampilan kali ini  mengatakan bahwa, pihaknya dalam PKB ini menampilkan sebanyak sebelas tarian dan lima lagu-lagu daerah Batak.

“Seluruh tarian dan lagu-lagu yang ditampilkan ini kesemuanya merepresentasikan seluruh puak dari suku  Batak yang ada di IKBB, seperti Batak Toba, Batak Karo, Batak Pak-Pak, Batak Simalungun, dan Batak Mandailing,” ujar Petrus.

“Beragam tarian yang disajikan merupakan tarian-tarian tradisi, seperti Tor-tor Gondang Mula Mula, Tor-tor Somba, Martondo, Anggun Karo dan sebagainya,” sambungnya.

Petrus menjelaskan, pilihan tarian yang dibawakan juga diupayakan selaras dengan tema PKB 2019 yakni Bayu Pramana yang berarti Memuliakan Sumber Daya Angin.

“Dimana kekuatan angin atau pun nafas kehidupan, itulah ketika dilagukan auranya menjadi Sing Sing So,” kata Petrus.

“Sing Sing So menjadi salah satu lagu yang turut dibawakan yang berarti teriakan dari sampan di tengah laut ke gunung yang tinggi,” sambungnya.

Menurut Ketua IKBB Pontas Simamora, untuk tampil di ajang PKB tahun ini, pihaknya melakukan persiapan yang sangat terbatas yakni baru bulan Mei lalu.

“Dengan bantuan dari berbagai pihak, termasuk perhatian yang tinggi dari Pemerintah Provinsi Bali dalam hal ini Dinas Kebudayaan Provinsi Bali sangatlah membantu IKBB untuk  kelancaran acara ini,” tuturnya

Dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh, Bupati Kabupaten Samosir Drs.Rapidin Simbolon, SE. MM. beserta rombongan dari Dinas terkait.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *