Bahaya Narkoba, Ini Komitmen Pramuka dan GANNAS Bali

oleh

DENPASAR, Cakrawalabali | Sebagai salah satu tanggungjawab seorang pramuka yakni membina generasi muda Pramuka Kwarcab Denpasar agar bebas dari pengaruh bahaya narkoba.

Untuk itu, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Denpasar terus menunjukkan komitmen menjaga generasi muda, melalui program unggulan yakni Seminar Pendidikan Karakter dan Bahaya Narkoba Bagi Pramuka Penegak dan Pandega Tahun 2019 dengan bekerja sama dengan Gerakan Anti Narkoba Nasional (GANNAS) DPW Bali. Serta akan dibentuknya duta pramuka anti narkoba.

Sekretaris Pramuka Cabang Denpasar, Made Aryawan meminta para pramuka aktif menyuarakan anti narkoba agar dapat berperan aktif di masyarakat.

“Banyak ilmu yang Saya dapat dari pramuka. Karena pembentukan karakter Saya itu dari selama Saya menimba ilmu pramuka saat sekolah dulu,” ujar Aryawan saat membuka. Seminar Pendidikan Karakter Dan Bahaya Narkoba Bagi Pramuka Penegak dan Pandega Tahun 2019 di gedung Swaka Darma, Jumat (11/10/2019) pagi.

Diana MY Ketua GANNAS DPW Bali mengatakan tantangan terbesar kita saat ini adalah sifat individualistik. Dimana, pengaruh kemajuan teknologi terutama gadget.

“Satu-satunya peradaban yang harus dipertahankan adalah membina kebersamaan. Maka pramukalah yang dapat membentuk jiwa gotong royong dan kebersamaan itu,” kata Ketua GANNAS Bali.

“Maka konsep pramuka yang sangat penting membentuk karakter anak muda. Dan dunia tak ingin Indonesia maju, dengan merusak generasi melalui narkoba,” tegas wanita penggiat Anti Narkoba itu.

Sedangkan Rudianto kabid organisasi, kaderisasi dan keanggotaan mengajak para pramuka penegak dan pandega untuk bersama-sama menjaga lingkungannya dan menyelamatkan sesama manusia dari ancaman penyalagunaan narkoba, untuk itu kita bersyukur. Karena tidak semua orang bisa berkesempatan menempah ilmu pramuka.

“Dengan terbebas dari narkoba, saya yakin generasi muda akan memilikiI masa depan yang cerah,” tegas Rudi.

“Ide pengurus Kwarcab Denpasar mengadakan Seminar ini sangatlah bagus, dengan menggagas pramuka anti narkoba. Karena, anak muda itu akan lebih mendengarkan nasehat dan masukan dari teman sebaya. Dan peran adik-adik sekalian sangat penting,” sambungnya.

Sedangkan Budi Santoso selaku Ketua Pusat dan Pendidikan Cabang Denpasar mengatakan Komitmen Kwarcab pramuka kota Denpasar menunjukkan keseriusannya membina anak muda dan menjamin generasi muda terbebas dari narkoba.

“Jika dibiarkan akan merusak generasi muda penerus bangsa. Untuk itu, melalui pembentukan karakter ini diharapkan di kota Denpasar akan mengurangi penggunaan narkoba,” ungkap Budi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *