Pemerhati Kelautan, Ini Ucapkan Selamat ke Menteri KKP yang Baru

oleh

JAKARTA Cakrawalabali | Dengan dialantiknya Kabinet baru Presiden Jokowi-Ma’ruf yang kemudian diberi nama “Kabinet Indonesia Maju” menuai beribu harapan sekaligus munculnya perubahan dan terobosan pada tahun-tahun mendatang.

Diantara yang diharapkan ada terobosan baru adalah sektor perikanan. Pemerhati yang sekaligus praktisi sektor perikanan, Tjandra Setiadji mengaku optimis dengan Menteri baru akan adanya perubahan sistem yang memihak kepada nelayan terutama soal perizinan.

Andy biasa disapa itu sedikit cerita soal sulitnya izin bagi para pemilik kapal untuk menangkap ikan di laut saat ini. Ia pun berharap untuk dievaluasi secara menyeluruh.

“Pertama saya ucapakan selamat untuk Menteri baru, beliau sosok yang bagus dan cocok sekali di KKP,” ungkap Andy seraya cerita soal kondisi yang dialami para nelayan dan para pengusaha di sektor perikanan, Kamis (24/10/2019).

“Saya bertahun-tahun dan saya tahu betul bagaimana saat ini sulitnya izin untuk menangkap ikan khususnya di daerah Muara Angke dan Muara Baru,” tambah Andy.

Lanjut Andy cerita soal keberadaan kapal yang bersandar dan tidak bisa melaut karena soal izin.

“Bisa dicek, banyak kapal tidak bisa melaut hanya karena izin, dampaknya kepada nelayan juga tidak punya penghasilan,” sebut Andy.

Ia pun merasa heran, pada saat bersamaan KKP diduga terlibat beberapa prilaku korupsi. Ia pun menyebut seperti kasus yang lagi dikawal Front Nelayan Indonesia (FNI).

“Saya baca berita ada dugaan tindak korupsi berhembus di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kabar itu disuarakan oleh Sejumlah Organisasi Nelayan yang diinisiasi oleh Front Nelayan Indonesia (FNI), ini kan memalukan,” kata Andy.

“Dugaan korupsi harus diusut oleh KPK, di Indonesia tidak boleh ada pejabat maupun mantan pejabat yang kebal hukum,” tambah Andy yang juga Praktisi Hukum itu

Oleh karenanya ia berharap adanya perubahan pada periode Menteri KKP baru.

“Saya yakin akan membawa perubahan pada KKP dalam 5 tahun kedepan, sekali lagi saya ucapkan selamat,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *