Pramuka Kwarda Bali Ikuti Perkemahan Pertikawan Nasional

oleh

Cakrawalabali | Gerakan Pramuka Kwarda Bali Kirim 50 anggota pramuka penegak dan pandega ikuti Perkemahan Bakti Saka Wanabakti dan Saka Kalpataru (PERTIKAWAN) Nasional 2019, hal itu disampaikan saat melepas kontingen pertikawan Nasional Kwartir Daerah Bali oleh I Gusti Ngurah Wijana, Jumat (15/11/2019).

Dalam sambutannya, Ketua Kwarda Bali yang di bacakan oleh I Gusti Ngurah Wijana selaku wakil ketua Binawasa berharap Kontingen Kwarda Bali menjadi pioner dan teladan yang menerapkan prinsip hidup ramah lingkungan hingga kegenerasi berikutnya.

“Sikap dan mentalitas yang ada dalam diri pramuka dapat memberikan kontribusi yang besar dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup guna terwujudnya pembangunan yang berkualitas secara ekologis, sosial dan ekonomi,” ujar Ketua Kwarda Bali, yang di bacakan oleh I Gusti Ngurah Wijana.

Ia juga menambahkan, kegiatan Pertikawan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan kecakapan dalam menciptakan keselarasan gerak dan langkah dalam konteks lingkungan hidup dan kehutanan.

“Ini adalah wahana pengaplikasian keterampilan dan peningkatan kecakapan bagi anggota satuan karya pramuka Kalpataru dan Wanabakti yang tercermin pada pokok-pokok tujuan yakni, meningkatnya pengetahuan dan pemahaman pramuka Penegak dan Pandega di bidang isu isu generasi milenial, berkembangnya sikap dan karakter positif, juga empati serta apresiasi terhadap masalah dan memberikan solusi dan jalan keluar terhadap isu-isu generasi milenial,” jelas Ketua Kwarda Bali.

“Satuan Karya Pramuka Wanabakti dan Saka Kalpataru memiliki peranan yang penting dalam menunjang pelaksanaan program pemerintah daerah Bali, khususnya terhadap masalah lingkungan hidup yang saat ini merupakan program unggulan gubernur Bali dengan di keluarkan pergub No. 97 Tahun 2018, tentang pembatasan penggunaan sampah plastik sekali pakai,“ Kata Wijana saat membacakan sambutan.

Ketua Kwarda Bali juga berharap seluruh peserta mampu mengikuti seluruh rangkaian Pertikawan dengan baik. Ia juga berpesan tiga hal kepada para peserta Pertikawan, pertama selalu bersemangat dalam mengikuti semua rangkaian Pertikawan, kedua, jaga kesehatan dan ketiga, berkawanlah sebanyak-banyaknya dengan peserta Pertikawan dari seluruh nusantara.

Sementara itu, Pembina Pendamping Kontingen Kwarda Bali Abdul Muthalib S. menyampaikan, kegiatan tersebut akan berlangsung pada tanggal 18 November hingga 25 November 2019 mendatang yang akan berlangsung di Bumi perkemahan Graha Wisata, Cibubur Jakarta Timur. Dengan diikuti 50 peserta

“Penyelenggaraan Pertikawan Nasional 2019 ini, terdiri dari dua kegiatan tahunan, yaitu perkemahan Bhakti Satuan Karya Pramuka Kalpataru yang ke-I dan perkemahan Bhakti Satuan Karya Pramuka Wanabakti yang ke-V,” ungkap Abdul Muthalib.

Kegiatan pada pertikawan nasional tahun 2019 di bagi menjadi tiga dua agenda penting yaitu kegiatan umum dan kegiatan prestasi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *