Gowes Bike for Bali, Wakasad: Gowes di Pulau Dewata Sangat menarik

oleh

DENPASAR, Cakrawalabali | Peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat Tahun 2019 di Bali berlangsung meriah. Kegiatan diawali bersepeda bersama dengan tajuk ‘Gowes Bike for Bali 72.7 Km’ yang diikuti sekitar 400 peserta. Rombongan pesepeda di pimpinan langsung oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman melewati rute-rute menarik di Pulau Dewata dengan memadukan unsur ‘sport tourism’ (pariwisata olahraga). Mengambil titik start dari Asrama Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, Minggu (15/12) pagi.

Pada rute yang telah ditentukan, rombongan Gowes Bike for Bali menebarkan kasih sayang dengan memberikan bingkisan sembako kepada petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang selama ini telah berjasa menjaga Bali menjadi tujuan wisata yang nyaman dan bersih.

Setibanya di finish, yakni di Taman Inspirasi Pantai Mertasari Sanur, rombongan Gowes Bike for Bali bergabung dengan seluruh Prajurit dan PNS Kodam IX/Udayana serta komponen masyarakat melaksanakan penanaman 2.000 bibit pohon mangrove yang bertujuan untuk mencegah abrasi dan erosi serta mendukung kehidupan biota laut.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., mengungkapkan, pada momen khusus mengenang Pertempuran Ambarawa kali ini, saya mengajak seluruh prajurit jajaran Kodam IX/Udayana untuk menyebarkan kasih kepada masyarakat. Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan agar kedepan dalam masa pengabdiannya, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat juga mendapatkan kasih sayang tulus dari masyarakat.

“Sepanjang rute ini, kita menebar kasih sayang kepada saudara-saudara kita. Sasaran pemberian kasih sayang tadi kami berikan kepada saudara kita yang selama ini berjasa menjaga Bali menjadi tujuan wisata yang nyaman dan bersih, yakni kepada para petugas kebersihan penyapu jalan yang terlihat kalau saya berolahraga pagi-pagi, mereka sudah sibuk dengan sapunya membersihkan jalan agar wisatawan nyaman berekreasi di Bali ini,” ungkap Pangdam.

Pada kesempatan yang sama, Wakasad mengatakan bahwa kedatangannya di Pulau Dewata ini yakni untuk memenuhi undangan Pangdam IX/Udayana dalam memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2019 yang mengambil tema ‘TNI AD Adalah Kita’.

“Sesuai dengan tema Hari Juang TNI AD Tahun 2019 kali ini, yakni TNI AD Adalah Kita, artinya bersama prajurit, kita harus kompak dan kuat, begitupun juga dengan bersama masyarakat, dimana kita merupakan bagian dari pada rakyat Indonesia, yang berjuang bersama-sama untuk negara ini,” tegas Wakasad.

“Saya kagum dengan rute-rute yang dilalui meski kondisi cuaca cukup terik, namun gowes di Pulau Dewata kali ini sangat menarik memadukan unsur sport tourism,” sambungnya.

Sebelumnya ditempat tersebut juga dilaksanakan kegiatan senam aerobik bersama dan diselenggarakan pula Hiburan dan kegiatan Bakti Sosial, diantaranya Khinatan Masal, Donor Darah, serta Pemberian Sembako.

Hadir juga pada kegiatan tersebut, antara lain Danpusterad Mayjen TNI Arif Rahman, M.A., Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Waasrena Kasad Brigjen TNI Heru Sudarminto, S.I.P., M.Sc., Irum Ijtenad Brigjen TNI Darmono Susastro, S.I.P., Dirum Kodiklatad Brigjen TNI Budi Eko Mulyono, S.Sos., M.M., Dirdok Kodiklatad Brigjen TNI Mirza Agus, S.I.P., Kadispsiad Brigjen TNI Dr. Eri R. Hidayat, MBA, MHRMC., Dirbekangad Brigjen TNI Helly Guntoro, S.Sos., Dirziad Brigjen TNI Mohammad Munib, Danrem 161/WS Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos., Wakapolda Bali Brigjen Pol Drs. I Wayan Sunarta, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H., Danrem 163/WSA Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., Irdam IX/Udy Kolonel Kav Taufik Budi Santoso, Para Staf Ahli Pangdam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy, Persit KCK PD IX/Udayana serta undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *