Ketua Kwarda Bali: Pramuka Organisasi yang Sangat Solid

TABANAN, Cakrawalabali | Semenjak terpilih sebagai Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Bali untuk masa bakti 2019-2024. pada Jumat 22 Nopember 2019 lalu, I. Made Rentin tampil sebagai Narasumber dalam acara jumpa tokoh dalam kegiatan perkemahan Bhakti Pemilu di Taman Makam Pahlawan Pujaan Bangsa Margarana, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Minggu (15/12).

Kegiatan yang diikuti gerakan Pramuka dari Penegak dan Pandega seluruh Bali yang notabene kelompok masyarakat pemilih pemula. kegiatan Perkemahan Bhakti Pemilu dilaksanakan serangkaian persiapan Bawaslu Bali menyambut Pilkada 2020. Sebagai satu-satunya lembaga yang diberikan kewenangan melakukan pengawasan.

“Keterlibatan gerakan Pramuka dalam pengawasan Pilkada 2020 sangat penting. Lebih-lebih organisasi Pramuka merupakan salah satu organisasi yang sangat solid, dan ada hampir di semua instisuti pemerintah. Ini tentu sangat besar perannya, jika Pramuka dilibatkan dalam pengawasan partisipatif,” ujar Made Rentin.

Selain jumpa tokoh Made Rentin juga menutup secara resmi kegiatan Perkemahan, dalam sambutannya Made Rentin menegaskan beberapa hal, perkemahan berakhir tapi sebagai awal agenda besar bagi perjalanan demokrasi di Daerah Bali, dengan terlibat aktifnya unsur pramuka dalam upaya pengawasan.

“What’s next (apa berikutnya) itu kata kunci yang ditegaskan Kakwarda Bali, hal ini dimaksudkan agar sekembalinya peserta ke daerah masing-masing bisa mengambil langkah kongkrit sebagai tindak lanjut materi dan praktek yang didapat selama perkemahan,” ungkap Made Rentin.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan MoU untuk pembentukan Saka Adyatsa antara Kwarda Bali dengan Bawaslu Bali diikuti Kwarcab dan Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Bali, yang intinya kedua pihak akan selalu bersinergi dalam mensukseskan pemilu yang akan datang. (*)

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*