Gagak Karancang Gelar Budaya Spiritual Sunda, Jawa & Bali

DENPASAR, Cakrawalabali | Dalam kerangka hari jadi Padepokan Gagak Karancang DPD Bali serta memperingati HUT ke X Padepokan Gagak Karancang dengan tema, “Sinergi Budaya Adiluhung” yang akan digelar di Jaba Pura, Puri Agung Satria, Denpasar pada Hari Sabtu & Minggu (15/02/20 & 16/02/20).

Festival ini sebagai bentuk sinergitas budaya nusantara dengan menampilkan beberapa seni budaya lintas etnis diantaranya dari budaya Sunda, budaya Jawa dan budaya lokal Bali.

Guru Besar dan juga pendiri Pedepokan Gagak Karancang, Sigma Martanagara menyampaikan, Pagelaran seni budaya ini sebagai bentuk pelestarian tradisi leluhur agar tetap ajeg dan diminati serta diapresiasi oleh semua kalangan.

“Sebagai bentuk prihatin terhadap generasi muda milenial yang lebih menyukai budaya asing, maka Padepokan Gagak Karancang sebagai wadah yang menampung aspirasi dan kreativitas generasi muda utamanya terkait budaya dan spiritual umumnya pengenalan literasi budaya nusantara,” terang Sigma Martanagara atau yang akrab dipanggil Ki Raga Sukma, yang juga keseharianya sebagai praktisi spiritual.

Rangkaian acara yang akan digelar selama dua hari rencananya akan menampilkan Kesenian Debus dan Atraksi Ular yang mewakili Budaya Sunda, Reog dan Jaranan dari Jawa Timur serta pementasan Calon Arang dan Tarian yang mewakili budaya Bali sebagai puncak acara adapun di hari pertama diisi oleh kegiatan pelatihan spiritual diantaranya Gemblengan Akbar, Tenaga Dalam dan Mangusada selain itu Pengobatan gratis medis dan non medis yang terbuka untuk umum juga Pameran Keris dan Pusaka.

Acara yang dibuka untuk umum dengan dihadiri para tamu undangan baik dari instansi pemerintahan maupun dari Tokoh masyarakat, Sesepuh lintas etnis, lintas padepokan, lintas paguyuban dan lintas organisasi serta para tokoh lintas keyakinan yang akan berpartisipasi dalam acara sakral Ngaruwat Jagat, kolaborasi tiga tradisi yakni Sunda Wiwitan, Kejawen dan Bali. (Dani Permana)

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*