Sambut Ramadhan, Paguyuban Warga Kediri Gelar Megengan

oleh

Cakrawalabali | Paguyuban Sedulur Kediri (PASEK) Jawa Timur Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1441 H, dengan menggelar megengan di Sekretariatan. Rabu, 7 April 2021

Ramadhan telah tiba, media sosial dari facebook, whatsapp, dan instagramku sudah ramai dengan ucapan sambutan kepada bulan Ramadhan, bulan yang suci bagi umat Islam. Tradisi yang ditandai dengan tumpeng kue apem ini, diperingati paguyuban warga Kediri Jawa Timur yang tinggal di Bali.

“Sambutan akan datangnya Ramadhan harus tetap kita lakukan, dan di tengah pandemi covid-19 maka metode Megengan,” terang Parmanto Ketua Pasek

Parmanto menuturkan, tradisi megengan untuk masyarakat Kediri ini, sebagai tanda memasuki Bulan Ramadhan. 1442 H.

“Apem ini artinya Afwun dan Afwun yaang artinya permaafan. Sehingga menjelang Ramadhan kita diharapkan saling memaafkan. Ini juga merupakan bentuk memaksimalkan habluminannas atau hubungan baik dengan manusia,” ujar Parmanto.

Sedangkan Rudianto Sekretaris Pasek Megengan hanya merupakan tradisi warga Kediri. Tradisi ini tidak ada sangkutannya dengan nilai-nilai ibadah. “Ini hanya tradisi bersyukur kami dalam bentuk tukar makanan yang kami makan bersamaan,” kata Rudi.

Tradisi megengan, ia menegaskan, merupakan acara rutin yang digelar warga Kediri setiap menjelang datangnya bulan Ramadhan, sebagai salah satu bentuk ucapan syukur warga Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Rudianto menjelaskan, meskipun megengan bukan salah satu syariat Islam, namun tidak ada salahnya jika warga bersedekah untuk bersyukur dalam bentuk makanan serta melestarikan tradisi masyarakat pada umumnya.

Karena itu, melalui megengan, ia mengajak seluruh warganya tetap menjaga kesucian bulan Ramadhan melalui ibadah yang khusyuk serta menghargai antara satu dengan lainnya.

“Kami berharap, melalui tradisi megengan warga dapat menyucikan hati dengan saling bermaafan serta bentuk ucapan rasa syukur menyambut datangnya bulan Ramadhan,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *