DENASAR, Cakrawalabali | Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto secara simbolis memberikan kunci rumah kepada Ni Wayan Repyug isteri dari Alm. I Ketut Buntak seorang Veteran Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI).

Janda I Ketut Buntak tersebut, selama ini menempati rumah yang tidak layak huni dengan kamar berlantai tanah.

Saat memberikan keterangan pers, Benny Susianto merasakan keharuan dengan kedua matanya terlihat berkaca-kaca. Menurutnya, bantuan yang diberikan tidak seberapa jika dibandingkan dengan perjuangan mereka dalam meraih kemerdekaan.

“Bantuan ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan perjuangan para veteran. Jadi saya berharap tahun depan akan lebih banyak lagi bantuan yang kita salurkan untuk membantu para veteran maupun istri veteran,” jelas Pangdam Udayana, di Banjar Tampad, Batubulan, Gianyar, Senin, 28 Mei 2018.

Kegiatan bedah rumah veteran itu digelar dalam rangkaian HUT Ke- 61 Kodam IX/Udayana.

Sebelumnya, pada Jumat (25/5/2018), Pangdam Mayjen TNI Benny Susianto juga meresmikan rumah yang direhab dari salah seorang veteran yang tinggal di kaki bukit Kintamani, di Banjar Benawa Kangin, Desa Petak, Kecamatan Gianyar.

Bakti kepada veteran itu juga dibarengi dengan pemberian sejumlah sembako kepada veteran maupun istri veteran. Nilai nominalnya mencapai Rp 90 juta untuk kebutuhan sembako di semua lokasi.

Santunan itu diberikan melalui dana CSR dari sejumlah BUMN yang ada di Bali diantaranya, PT Indonesia Power, BRI, BNI dan PT General Energy Bali.(*)