Jelang Ramadan IKAPI Jatim, Surabaya, dan Sidoarjo Adakan Pameran Buku

oleh

SURABAYA, Cakrawalabali | Dalam rangka memperingati hari jadi kota Surabaya yang ke-725, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Timur bersama IKAPI kota Surabaya dan Sidoarjo menggelar Surabaya Islamic Book Fair (SIBF) ke-8. Acara tersebut berlangsung selama 1 minggu dan bertempat di Hall DBL Surabaya mulai 27 April hingga 3 Mei 2018.

Hadir membuka acara kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Surabaya Musdig Ali Suudi yang mewakili Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya Musdig menyampaikan, bahwa acara tersebut diselenggarakan pada waktu yang tepat. Pasalnya, 1 bulan lagi umat Islam melaksanakan ibadah puasa ramadhan. Artinya, banyak muslim membutuhkan referensi keislaman untuk menunjang ibadah bulan Ramadan.

“Pemeran buku Islam ini adalah momen yang tepat karena sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadan,” terang kepala dinas yang baru 2 minggu dilantik tersebut.

Ia berharap, kegiatan yang sifatnya mendidik seperti pameran buku lebih digalakkan. Mengingat acara semacam itu saat ini banyak berkurang -kalah dengan acara hiburan.

Ia menjelaskan, buku merupakan cendela dunia. Intinya, dengan membaca kita tahu apapun yang terjadi di belahan dunia manapun. “Orang tidak perlu pergi kemana-mana tapi bisa berada di mana-mana,” jelasnya.

Musdig juga berpesan, bacaan pun harus terfilter dan terkontrol. Masyarakat harus bisa membedakan bacaan yang bermanfaat dan tidak. “Namanya cendela, kalau dibuka penuh resikonya kotoran juga ikut masuk,” pesannya.

Pameran buku kali ini juga untuk mendorong gerakan literasi yang sedang digalakkan pemkot Surabaya. Saat ini, selain di lembaga pendidikan ada sekitar 420 Taman Bacaan Masyarakat yang tersebar di seluruh Surabaya.

Senada dengan Musdig, ketua IKAPI Jawa Timur Fatkul Anam mengatakan, ada 35 penerbit buku seindonesia yang mengikuti pameran. Ia berharap masyarakat dapat mendapatkan koleksi buku-buku Islam terbaru dengan diskon hingga 70%. Selain itu juga ada stand busana muslim dan bazar makanan. (ST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *